Javascript anda tidak aktif!
Silahkan aktifkan javascript pada browser anda
  • (021) 7942653
  • raskin@bangda.kemendagri.go.id
  • Jl. Taman Makam Pahlawan No. 20 Kalibata, Jakarta Selatan

Tanya Jawab tentang Pengaduan Program Raskin

Program Subsidi Beras bagi Masyarakat Berpendapatan Rendah, atau yang lebih dikenal dengan Program Raskin adalah program yang ditujukan untuk membantu masyarakat berpendapatan rendah untuk mencukupi kebutuhan pangannya. Dari tahun ke tahun, pemerintah terus berupaya untuk melakukan perbaikan pelaksanaan Program Raskin ini. Pengaduan yang benar dan faktual dari masyarakat, utamanya dari RTS PM (Rumah Tangga Sasaran Penerima Manfaat), merupakan informasi dan data yang sangat strategis untuk perbaikan rancangan maupun pelaksanaan Program Raskin, sehingga pelayanan Program Raskin akan semakin besar manfaatnya dikemudian hari untuk Anda dan masyarakat pada umumnya.
Tentu saja pengaduan Anda akan sangat disambut baik dan akan ditangani secara sungguh-sungguh oleh para Pelaksana Program Raskin, yaitu Tim Koordinasi Raskin di tingkat yang paling dekat dengan tempat terjadinya permasalahan yang di adukan.
Pengeluaran rumah tangga miskin dan rentan sebagian besar (65%) digunakan untuk membeli bahan makanan. Beras, sebagai salah satu bahan makanan, merupakan komoditi utama dalam konsumsi rumah tangga miskin dan rentan, dengan proporsi sekitar 29% dari komponen konsumsi masyarakat miskin. Meningkatnya harga beras melemahkan daya beli masyarakat terutama masyarakat miskin, yang pada gilirannya meningkatkan jumlah penduduk miskin. Untuk itu, sangatlah penting untuk memastikan agar rumah tangga miskin dan rentan tetap dapat memenuhi kebutuhan pangan terutama beras.

Anda dapat mengadu melalui:

Anda dapat juga mengirimkannya kepada Tikor Raskin Pusat, dengan alamat:
Sekretariat Tikor Raskin Pusat
Kementerian Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat
Jl. Medan Merdeka Barat No. 3
Jakarta Pusat

  1. Web: www.raskin.bangda.kemendagri.go.id pada laman Pengaduan.
  2. SMS : 1708 dengan Format R(Spasi)#Provinsi#Kab/Kota#Kecamatan#Kel/Desa#PENGADUAN
  3. Email (surat elektronik) : dapat dikirimkan ke raskin@bangda.kemendagri.go.id
  4. Surat : dialamatkan kepada Tikor Raskin di masing-masing Kabupaten atau Kota.
Setelah Anda mengadu, Anda akan menerima Nomor Pengaduan (bila melalui Web) atau Nomor telepon Anda, bila mengadu melalui SMS, sebagai nomor resi pengaduan. Nomor ini dapat anda gunakan untuk melacak kemajuan penanganan pengaduan Anda. Hanya pengaduan tentang Raskin yang akan ditangani. Pengaduan Anda akan ditangani oleh Tikor Raskin Kabupaten/Kota setempat. Apabila pengaduan Anda telah selesai ditangani, Anda akan diberi informasinya.
Masyarakat umum, tetapi yang paling diharapkan adalah para penerima Raskin (RTS PM Program Raskin), yang mengalami sendiri kejadian yang perlu diadukan. Demikian juga dengan Pelaksana Distribusi Raskin di tingkat desa/kelurahan dapat melakukan pengaduan.
ketentuan Program Raskin: Rumah Tangga Sasaran Penerima Manfaat Raskin (RTS-PM) berhak mendapatkan beras kualitas medium sebanyak 15 kg per bulan dengan harga tebus Rp 1600/kg di titik distribusi Apabila Anda memperoleh beras yang tidak sesuai dengan ketentuan di atas, maka Anda dapat mengadukan pengalaman itu. Selain itu, apabila Anda mempunyai bukti tindakan penyelewengan dari para aparat Tikor Raskin, Anda dapat mengadukannya.
Pengaduan harus berisi:
  • Identitas, misalnya Saya Suwito (akan dirahasiakan apabila Anda menginginkannya).
  • Tempat kejadian, misalnya warga Kelurahan Peneleh, Kecamatan Genteng, RT 05/RW 01
  • Masalah yang di adukan, misalnya:

    • Menerima beras Raskin hanya 8 kg.
    • Menerima beras Raskin yang berwarna kuning, banyak kotoran dan apek.
    • Menebus beras Raskin dengan harga tebus Rp. 2000/kg.
    • Melihat 250 kg beras Raskin dijual oleh aparat desa ke pedagang beras di Pasar Turi pada tanggal 20 November 2014